Satuan Acara Pembelajaran Pemeriksaan Leopold pada Ibu Hamil
SATUAN ACARA
PEMBELAJARAN
LEOPOLD
Topik : Asuhan Kebidanan
Kehamilan/ Persalinan
Sub Topik : Leopold
Sasaran : Mahasiswa PKK III DIV
Kebidanan SV UGM
Waktu :
60 menit
Hari/Tanggal :
Kamis, 23 April 2016
Tempat : Ruang Bersalin
I.
TUJUAN
UMUM
Setiap
mahasiswa dapat mengaplikasikan pemeriksaan Leopold
II. TUJUAN KHUSUS
1. Mahasiswa
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 1
2. Mahasiswa
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 2
3. Mahasiswa
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 3
4. Mahasiswa
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 4
III. MATERI PEMBELAJARAN
Leopold
IV. METODE PEMBELAJARAN
Bedside
teaching
V. MEDIA
Checklist
VI.
SETTING
TEMPAT
Keterangan
Bed Ruangan
Mhs
PKK V Mhs
PKK III
Klien
VII.
KEGIATAN
BST
No
|
Tahap
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Metode
|
|
Pemateri
|
Peserta (Mahasiswa)
|
||||
1.
|
Pre Round
|
10 menit
|
1. Menyiapkan alat & ruangan
2. Menyiapkan materi pembelajaran
3. Memberikan
salam
4. Mengemukakan tujuan pembelajaran
5. Mengkaji / review pengetahuan dan keterampilan
mahasiswa
6. Memberikan briefing kepada mahasiswa
7. Mengajarkan pengetahuan / keterampilan yang masih
diperlukan
8. Melakukan kontrak belajar : rangkaian pembelajaran, waktu pemelajaran,cara menegur,
9. Menyiapkan pasien
|
1. Mempersiap
kan diri bedside teaching
2. Mempersiap
kan diri bedside teaching
3. Menjawab
salam
4. Mendengarkan
tujuan pembelajaran
5. Mengemukakan
pengetahuan dan melakukan keterampilan
6. Mendengarkan
briefing
7. Mendengarkan
dan memperhatikan
8. Menyepakati
kontrak belajar
9. Menunggu
pasien siap
|
Ceramah
Diskusi
|
2.
|
Ronde Kebidanan
|
40 Menit
|
1. Memperkenalkan diri dan mahasiswa PKK III pada klien
2. Menjelaskan tindakan yang akan dilakukan
3. Mendampingi mahasiswa dalam memberi asuhan/tindakan
4. Memperbaiki teknik yang salah
5.
Mengambil alih asuhan/tindakan yang dapat
berakibat fatal pada pasien
|
1. Menyebutkan
nama
2. Mendengarkan
3. Melakukan
pengkajian, pengumpulan data subjektif dan objektif
4. Menerima
koreksi yang diberikan
5. Melihat
tindakan yang dilakukan PKK V
|
Prakek
|
3.
|
Post-Round
|
10 menit
|
1. Melakukan Debriefing
2. Diskusi lebih lanjut (Alokasi one-minute precertoship/microskill
3.
Get
Commitment (meminta mahasiswa
memaparkan apa yang diperlukan atau yang telah dilakukan)
4.
Probe For
Supporting Evidence
(menanyakan alasan/bukti pendukung)
5.
Reinforce what was Right (memberikan penguatan apa yang sudah dilakukan dengan baik)
6.
Correct
Mistakes (mengkoreksi kesalahan
yang dilakukan mahasiswa)
7.
Teaching
General Rules (menyampaikan
prinsip umum yang perlu diketahui mahasiswa)
8.
Merumuskan
bersama rencana tindak lanjut
9.
Salam penutup
|
1. Mengemukakan
pelaksanaan praktek
2. Melakukan
diskusi
3. Memaparkan
tindakan yang dilakukan
4. Menjawab
alasan
5. Mendengarkan
komentar untuk pengutan yang dilakukan
6. Mendengarkan
koreksi
7. Mendengarkan
prinsip umum
8. Menyepakati
tindak lanjut
9. Menjawab
salam
|
Ceramah
Diskusi
|
VIII. EVALUASI
a. Apakah
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 1?
Mahasiswa dapat melakukan dan
menginterpretasikan hasil pemeriksaan Leopold 1 dengan benar
b. Apakah
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 2?
Mahasiswa dapat melakukan dan
menginterpretasikan hasil pemeriksaan Leopold 2 dengan benar
c. Apakah
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 3?
Mahasiswa dapat melakukan dan
menginterpretasikan hasil pemeriksaan Leopold 3 dengan benar
d. Apakah
mampu melakukan dan menginterpretasikan Leopold 4?
Mahasiswa dapat melakukan dan
menginterpretasikan hasil pemeriksaan Leopold 4 dengan benar
IX. REFRENSI
Kusmiati, Yuni
SST ,dkk.2009.Perawatan ibu hamil (Asuhan ibu hamil). Jakarta:Fitramaya
Prawirohardjo,
Sarwono, 2006, Pelayanan Kesehatan
Maternal dan Neonatal, Jakarta: YBP-SP.
Wiknjosastro,
Hanifah, 2006, Ilmu Kebidanan, Edisi
Ketiga, Jakarta: YBP-SP.
X. MATERI
Pemeriksaan
leopold dilakukan pada kehamilan cukup bulan setelah uterus cukup membesar
untuk dapat membedakan bagian-bagian janin melalui palpasi. Pemeriksaan Leopold
terdiri dari 4 manuver.
1.
Manuver I
Menjawab pertanyaan :
Apa yang ada di bagian fundus ? Kepala
atau bokong?
Temuan
:
Presentasi Manuver ini mengidentifikasi
bagian janin yang terdapat di atas pintu atas panggul. Umumnya presentasi
adalah kepala (head first) atau bokong (pelvis first).
Melakukan
Manuver I
a.
Pemeriksa menghadap ke
kepala pasien, gunakan ujung jari kedua tangan untuk mempalpasi fundus uteri.
1) Bagian
kepala, jika teraba bentuknya bulat, keras, mudah digerakkan.
2) Bagian
bokong, jika teraba bentuknya bulat tidak beraturan, lunak, dan tidak mudah
digerakkan.
b.
Pada Manuver I dapat
juga ditentukan tinggi fundus uteri. Posisi janinhubungan antara panjang axis
janin dan panjang axis ibu. Biasanya posisi janin longitudinal atau
transversal, namun bisa juga oblik.
2.
Manuver II
Pertanyaan
yang harus dijawab :
Dimana
letak punggung janin ?
Temuan
:
Posisi
Manuver ini untuk mengidentifikasi hubungan bagian tubuh janin ke depan,
belakang atau sisi pelvis ibu. Ada beberapa kemungkinan posisi janin
Melakukan
Manuver II
a. Menghadap
ke kepala pasien. Letakkan kedua tangan pada kedua sisi abdomen. Pertahankan
uterus dengan tangan yang satu, dan palpasi sisi lain untuk menentukan lokasi
punggung janin.
b. Bagian
tubuh akan teraba, jelas, rata, cembung, kaku/tidak dapat digerakan.
c. Bagian-bagian
kecil (tangan dan kaki) akan teraba kecil, bentuk/ posisi tidak jelas, dan
menonjol dan mungkin dapat bergerak aktif atau pasif.
3.
Manuver III
Untuk
menjawab pertanyaan :
Bagian
apa yang menjadi presentasi ?
Temuan
:
Bagian
presentasi.
Manuver ini mengidentifikasi bagian
janin yang paling tergantung – yaitu, bagian yang terletak paling dekat dengan
serviks. Bagian janin inilah yang pertama kontak dengan jari pada saat
pemeriksaan vagina, umumnya adalah kepala atau bokong
Melakukan
Manuver III
a. Letakkan
tiga ujung jari kedua tangan pada kedua sisi abdomen pasien tepat diatas
simphisis dan minta pasien untuk menarik nafas dalam dan menghembuskannya. Pada
saat pasien menghem buskan nafas, tekan jari tangan kebawah secara perlahan dan
dalam kesekitar bagian presentasi. Catat kontur, ukuran dan konsistensinya
b. Bagian
kepala akan teraba keras, rata dan mudah digerakkan jika tidak terikat /
tertahan, sulit digerakkan jika terikat/tertahan.
c. Bagian
bokong akan teraba lembut dan tidak rata.
4.
Manuver IV
Untuk
menjawab pertanyaan :
Dimana
letak ujung kepala ?
Temuan
:
Ujung
kepala Manuver ini mengidentifikasi bagian terbesar dari ujung kepala janinyang
dipalpasi dibagian sisi atas pelvis. Apabila posisi kepala fleksi, ujung kepala
adalah bagian depan kepala. Apabila posisi kepala ekstensi, ujung kepala adalah
bagian oksiput.
Melakukan
Manuver IV
Menghadap ke kaki
pasien. Secara perlahan gerakkan jari tangan ke sisi bawah abdomen kearah
pelvis hingga ujung jari salah satu tangan menyentuh tulang terakhir. Inilah
bagian ujung kepala. Jika bagian ujung terletak dibagian yang berlawanan dengan
punggung, ini adalah bagian pundak bayi, dan kepala pada posisi fleksi. Jika
kepala pada posisi ekstensi, ujung kepala akan terletak pada bagian yang sama
dengan punggung dan bagian oksiput menjadi ujung kepala.
|
PRODI D-IV KEBIDANAN
|
|
|
|
||||||
SEKOLAH
VOKASI
|
|
|
|
|||||||
UNIVERSITAS GADJAH MADA
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
||||||||
KETERAMPILAN
|
: MEMANDIKAN BAYI
|
|
|
|
||||||
MENTOR
|
: WAFDA ARDHIAN LATANSYADIENA
|
|
|
|
||||||
MAHASISWA
|
: MARIA YOSHINTA
|
|
|
|
||||||
|
|
|
||||||||
NO
|
LANGKAH
|
NILAI
|
||||||||
0
|
1
|
2
|
||||||||
A
|
Mengucapkan salam, menyapa
ibu, dan memperkenlkan diri.
|
|
|
|
||||||
1
|
Menjelaskan tindakan
asuhan yang akan dilaksanakan beserta prosedur pelaksanaanya
|
|
|
|
||||||
2
|
Menyiapkan alat dan bahan
secara ergonomis :
|
|
|
|
||||||
a.
Selimut
|
|
|
|
|||||||
b.
Mid line
|
|
|
|
|||||||
c.
Dopler
|
|
|
|
|||||||
d.
Buku KIA
|
|
|
|
|||||||
3
|
Menyiapkan
lingkungan/ruangan :
|
|
|
|
||||||
a.
Bersih
|
|
|
|
|||||||
b.
Rapi
|
|
|
|
|||||||
c.
Nyaman
|
|
|
|
|||||||
d.
Pencahayaan yang cukup
|
|
|
|
|||||||
e.
Privacy yang terjaga
|
|
|
|
|||||||
4
|
Mencuci tangan dengan air
mengalir
|
|
|
|
||||||
|
PROSEDUR KERJA
|
|
|
|
||||||
5
|
Membawa alat dan bahan ke
dekat pasien
|
|
|
|
||||||
6
|
Memasang sampiran
|
|
|
|
||||||
7
|
Memindahkan bantal –
bantal dari tempat tidur (bila bantal masih dibutuhkan dipakai seperlunya)
|
|
|
|
||||||
8
|
Mengatur posisi pasien
senyaman mungkin
|
|
|
|
||||||
9
|
Mencuci tangan dengan
sabun dan air mengalir, mengeringkan dengan handuk bersih
|
|
|
|
||||||
10
|
Membuka pakaian bagian
atas
|
|
|
|
||||||
11
|
Melakukan pemeriksaan pada
perut
|
|
|
|
||||||
12
|
Mengatur posisi ibu
|
|
|
|
||||||
13
|
Pemeriksaan leopold I
(menentukan bagian janin yang terdapat pada fundus)
|
|
|
|
||||||
14
|
Mengukur Tinggi Fundus
Uteri (TFU)
|
|
|
|
||||||
15
|
Pemeriksaan leopold II
(menentukanbagian janin di kiri dan dikanan ibu)
|
|
|
|
||||||
16
|
Pemeriksaan leopold III
(menentukan presentasi, yakni bagian terendah janin)
|
|
|
|
||||||
17
|
Pemeriksaan leopold IV
(menentukan presentasi apakah sudah masuk panggul atau belum)
|
|
|
|
||||||
18
|
Melakukan pemeriksaan
denyut janyung janin
|
|
|
|
||||||
19
|
Menyampaikan pada ibu
bahwa pemeriksaan telah selesai serta rapikan ibu.
|
|
|
|
||||||
20
|
Membereskan alat dan
ruangan yang sudah dipakai
|
|
|
|
||||||
21
|
Cuci tangan dengan
menggunakan sabun dan air mengalir
|
|
|
|
||||||
22
|
Sampaikan hasil
pemeriksaan kepada ibu/keluarga
|
|
|
|
||||||
23
|
Melakukan pendokumentasian
semua pemeriksaan yang sudah dilakukan
|
|
|
|
||||||
JUMLAH
|
|
|
|
|||||||
NILAI
|
|
|
|
|||||||
KETERANGAN
|
|
|
|
|||||||
KET
|
:
|
|
|
|
||||||
NILAI : JUMLAH/46 x 100%
|
|
|
|
|||||||
LULUS : ≥ 76
|
|
|
|
|||||||
TIDAK LULUS : < 76
|
|
|
|
|||||||
Yogyakarta,
....................................
|
|
|
|
|||||||
Penguji,
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
||||||||
|
|
|
||||||||
(..........................................................)
|
|
|
|
|||||||
Comments
Post a Comment