Daftar Tilik Penggunaan DDST (Denver Development Screening Test)
DAFTAR
TILIK
PENGGUNAAN
DDST (Denver Development Screening Test)
Tanggal Penilaian :
Nama Mahasiswa :
Beri
tanda ceklis (√) pada kolom penilaian
No.
|
Langkah Kerja
|
Penilaian
|
||
0
|
1
|
2
|
||
A
|
SIKAP
|
|
|
|
1
|
Bersikap sopan
|
|
|
|
2
|
Bersikap percaya diri dan tidak ragu-ragu
|
|
|
|
3
|
Bersikap tanggap/empati terhadap reaksi pasien
|
|
|
|
4
|
Bersikap sabar dan teliti
|
|
|
|
B
|
PERSIAPAN
|
|
|
|
Persiapan Pasien
|
|
|
|
|
5
|
Mengucapkan salam dan menyapa pasien
|
|
|
|
6
|
Memperkenalkan diri
|
|
|
|
7
|
Menjelaskan tujuan prosedur yang dilakukan (bukan
untuk menilai IQ atau kecerdasan anak)
|
|
|
|
8
|
Menjelaskan prosedur pelaksanaan DDST
|
|
|
|
Persiapan Ruangan
|
|
|
|
|
9
|
Bersih, rapi, aman, nyaman, dan pencahayaan cukup
|
|
|
|
10
|
Privasi terjaga
|
|
|
|
Persiapan Alat
|
|
|
|
|
11
|
Alat anamnesis
|
|
|
|
12
|
Alat pemeriksaan antropometri
|
|
|
|
13
|
Alat pemeriksaan tanda vital
|
|
|
|
14
|
Alat pemeriksaan DDST II
|
|
|
|
C
|
ANAMNESIS
|
|
|
|
4
|
Menanyakan identitas bayi dan orang tua
|
|
|
|
5
|
Menanyakan keluhan pada bayi
|
|
|
|
6
|
Menanyakan riwayat prenatal dan intranatal
|
|
|
|
Menanyakan riwayat postnatal
|
|
|
|
|
Menanyakan pola kebutuhan nutrisi
|
|
|
|
|
Meminta persetujuana untuk dilakukan pemeriksaan
|
|
|
|
|
D
|
PEMERIKSAAN FISIK
|
|
|
|
Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand scrub
|
|
|
|
|
Memeriksa keadaan umum bayi
|
|
|
|
|
Menilai tanda-tanda vital bayi
|
|
|
|
|
Mengukur panjang badan dan berat badan bayi
|
|
|
|
|
D
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
7
|
Menghitung umur anak dengan benar.
|
|
|
|
8
|
Menanyakan apakah anak lahir prematur dan bila
“ya” koreksi umur anak.
|
|
|
|
9
|
Menulis tanggal pemeriksaan di atas garis
umur.
|
|
|
|
10
|
Membuat garis umur dengan benar.
|
|
|
|
11
|
Melakukan tugas perkembangan untuk tiap sector
minimal 3 tugas sebelah kiri garis umur dan bila lulus diteruskan sampai
menembus garis umur serta sebelah kanan sampai anak gagal pada 3 tugas
perkembangan. Bila anak tidak mampu untuk melakukan salah satu uji coba pada
langkah 11, lakukan uji coba tambahan ke sebelah kiri garis umur pada sektor
yang sama sampai anak dapat lulus 3 tugas perkembangan.
|
|
|
|
12
|
Memberi skor penilaian dengan tepat.
|
|
|
|
13
|
Selama penilaian orang tua/ pengasuh
ditanyakan adanya perilaku yang khas pada anak.
|
|
|
|
14
|
Mengambil kesimpulan dengan benar.
|
|
|
|
15
|
Menjelaskan hasil penilaian dan tindak lanjut.
Mengucapkan terimakasih dan salam perpisahan.
|
|
|
|
Skor
|
|
|
|
|
NILAI
|
|
|
|
Perhitungan
nilai:
Nilai Kelulusan
Lulus : Nilai ≥76
Tidak Lulus : Nilai ≤76
Yogyakarta,
............................................
Penguji
(...................................................)
Comments
Post a Comment