Daftar Tilik Penggunaan DDST (Denver Development Screening Test)

DAFTAR TILIK
PENGGUNAAN DDST (Denver Development Screening Test)

Tanggal Penilaian        :
Text Box: Beri nilai untuk setiap langkah yang telah dilakukan dengan kriteria sebagai berikut;
Nilai 0 : Apabila alat tidak disediakan, prosedur kerja tidak dikerjakan dengan benar atau tidak sesuai urutan (jika harus berurutan), atau tidak dikerjakan.
Nilai 1 : Apabila prosedur kerja dikerjakan dengan bernar dan berurutan (jika harus berurutan), tetapi peserta secara efisien tidak ada kemajuan dari langkah ke langkah, alat tidak dimanfaatkan, komunikasi dengan klien kurang.
Nilai 2 : Apabila prosedur kerja dikerjakan dengan benar sesuai dengan urutan (jika harus berurutan), efisien, dan komunikasi dengan klien baik.

Nama Mahasiswa        :

Beri tanda ceklis (√) pada kolom penilaian
No.
Langkah Kerja
Penilaian
0
1
2
A
SIKAP



1
Bersikap sopan



2
Bersikap percaya diri dan tidak ragu-ragu



3
Bersikap tanggap/empati terhadap reaksi pasien



4
Bersikap sabar dan teliti



B
PERSIAPAN



Persiapan Pasien



5
Mengucapkan salam dan menyapa pasien



6
Memperkenalkan diri



7
Menjelaskan tujuan prosedur yang dilakukan  (bukan untuk menilai IQ atau kecerdasan anak)



8
Menjelaskan prosedur pelaksanaan DDST



Persiapan Ruangan



9
Bersih, rapi, aman, nyaman, dan pencahayaan cukup



10
Privasi terjaga



Persiapan Alat



11
Alat anamnesis



12
Alat pemeriksaan antropometri



13
Alat pemeriksaan tanda vital



14
Alat pemeriksaan DDST II



C
ANAMNESIS



4
Menanyakan identitas bayi dan orang tua



5
Menanyakan keluhan pada bayi



6
Menanyakan riwayat prenatal dan intranatal



Menanyakan riwayat postnatal



Menanyakan pola kebutuhan nutrisi



Meminta persetujuana untuk dilakukan pemeriksaan



D
PEMERIKSAAN FISIK



Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand scrub



Memeriksa keadaan umum bayi



Menilai tanda-tanda vital bayi



Mengukur panjang badan dan berat badan bayi



D
PELAKSANAAN



7
Menghitung umur anak dengan benar.



8
Menanyakan apakah anak lahir prematur dan bila “ya” koreksi umur anak.



9
Menulis tanggal pemeriksaan di atas garis umur.



10
Membuat garis umur dengan benar.



11
Melakukan tugas perkembangan untuk tiap sector minimal 3 tugas sebelah kiri garis umur dan bila lulus diteruskan sampai menembus garis umur serta sebelah kanan sampai anak gagal pada 3 tugas perkembangan. Bila anak tidak mampu untuk melakukan salah satu uji coba pada langkah 11, lakukan uji coba tambahan ke sebelah kiri garis umur pada sektor yang sama sampai anak dapat lulus 3 tugas perkembangan.



12
Memberi skor penilaian dengan tepat.



13
Selama penilaian orang tua/ pengasuh ditanyakan adanya perilaku yang khas pada anak.



14
Mengambil kesimpulan dengan benar.



15
Menjelaskan hasil penilaian dan tindak lanjut. Mengucapkan terimakasih dan salam perpisahan.



Skor



NILAI




Perhitungan nilai:

Nilai Kelulusan
Lulus               : Nilai ≥76
Tidak Lulus     : Nilai ≤76


Yogyakarta, ............................................
Penguji



(...................................................)

Comments

Popular posts from this blog

Satuan Acara Penyuluhan MP-ASI

Satuan Acara Pembelajaran Pemeriksaan Leopold pada Ibu Hamil